Sabtu, April 20, 2024
PROGRAM STUDI
BIMBINGAN DAN KONSELING
Jl. A. Yani, Lrg. Gotong Royong, 9/10 Ulu, Kec. SU II, Kota Palembang Sumatera Selatan 30116
Girl in a jacket

SEJARAH BIMBINGAN DAN KONSELING

Pendidikan bimbingan dan konseling awalnya lahir di Indonesia karna keresahan para pendidik untuk bagaimana menghantarkan para siswanya ke jurusan – jurusan yang sesuai dengan bakat, kemauan dan minat mereka. Oleh sebab itu, maka pada tahun 1960 ( 20 – 24 Agustus 1960) diadakanlah konferensi FKIP (atau IKIP sekarang, kepanjangan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ) di kota Malang untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Salah satu hasil dari hasil konferensi tersebut adalah dimasukkannya “Bimbingan dan Konseling” di dalam pendidikan Indonesia. Pada langkah berikutnya, di tahun 1964 didirikanlah jurusan bimbingan dan penyuluhan di beberapa IKIP di Indonesia ( diantaranya IKIP Malang dan IKIP Bandung), disusul oleh IKIP – IKIP lainnya di tahun – tahun berikutnya.

Bimbingan dan konseling adalah bentuk pelayanan pada siswa atau peserta didik baik itu secara perorangan maupun kelompok dengan tujuan membantu permasalahan dalam belajar, atau mengembangkan pribadi secara optimal dan mandiri dalam hal belajar dan berbagai jenis kegiatan pendukung lainnya sesuaid engan norma yang berlaku. Bimbingan konseling merupakan upaya yang dilakukan oleh guru atau pembimbing secara proaktif dan sistematik.

Pembimbing memfasilitasi siswa untuk mencapai tingkat perkembangan yang optimal, membentuk perilaku efektif terhadap lingkungan, dan peningkatan fungsi atau manfaat individu dalam lingkungannya. Perubahan perilaku pada individu merupakan hasil interaksi dirinya dengan lingkungan sekitarnya dimana pada lingkungan yang sehat juga akan membentuk karakter yang baik dan sebaliknya. Bimbingan dan konseling memberikan arahan pada siswa dan memegang tanggung jawab terhadap perkembangan lingkungan sebagai bahan interaksi siswa yang dinamis  dalam proses perkembangan diri, dan perbaikan perilaku.

Hubungi kami?